Renovasi Rumah Type 36 Bentuk Minimalis Yang Cocok Untuk Lahan Terbatas

Renovasi Rumah Type 36 Bentuk Minimalis Yang Cocok Untuk Lahan Terbatas

Rumah sebagai suatu kebutuhan primer yang harus dimiliki oleh setiap keluarga untuk ditempati memang belakangan ini menjadi permasalahan yang dialami.

Bagaimana tidak? Terkadang ada keluarga yang sudah memiliki rumah namun beberapa ruangan terlihat seperti tidak layak digunakan sehingga ruangan yang ada menjadi terbengkalai yang lama-kelamaan bisa rusak dimakan waktu dan berkurang nilai manfaatnya.

Bagi beberapa keluarga memang memiliki rumah yang diberikan sebagai warisan oleh orangtua dan akan memutuskan untuk dilakukan renovasi agar tampilannya dapat mengikuti jenis model sekarang yang salah satunya minimalis.

Renovasi Rumah Type 36

Renovasi rumah tidak hanya bisa dilakukan oleh jenis rumah yang memiliki lahan yang luas. Untuk lahan yang terbatas juga bisa dilakukan menjadi renovasi rumah tipe 36.

Memang untuk rumah tipe 36 banyak kita temukan berada di lahan yang terbatas atau sempit. Untuk yang berada di lahan yang besar sisanya hanya halaman dan tempat yang kosong. Rumah tipe ini memiliki ruangan yang cukup terbatas.

Bagi anda yang memilikinya, pasti memiliki keinginan untuk melakukan renovasi apalagi saat bertambahnya jumlah anggota baru atau memerlukan ruangan kamar agar anak laki-laki dan perempuan anda tidur terpisah. Keputusan melakukan renovasi rumah tipe 36 jauh lebih baik dibandingkan anda membeli rumah lain.

Jika membandingkan biaya yang akan dikeluarkan memang tergantung dari renovasi seperti apa yang dilakukan. Dengan badget yang terbilang cukup besar namun hasil yang anda dapatkan cukup puas nantinya untuk investasi jangka panjang.

Pilihan satu-satunya dengan cara membuat rumah tipe 36 anda menjadi dua lantai. Karena jika dilakukan perluasan pada bagian dasar, akan membuat rumah anda semakin kecil dan bisa saja mengganggu tetangga sebelah. Pada renovasi rumah nantinya, bagian tengah rumah anda akan berubah karena akan dibangun tangga penghubung ke lantai 2.

Mengapa Penting Melakukan Renovasi Rumah?

Banyaknya kepala keluarga yang berperan sebagai pengambil keputusan tidak memikirkan akan hal seperti rencana renovasi rumah seperti menambah ruangan atau dijadikan lantai dua.

Alasannya mungkin saja mereka kurang mengetahui bagaimana alur yang harus dilalui atau mungkin merasa rumah yang sudah dimiliki cukup layak untuk dihuni.

Namun tahukah anda jika terus menunda untuk merenovasi rumah berarti anda menunda investasi yang baik untuk kebutuhan primer di masa yang akan datang.

Karena kehidupan yang anda jalani beberapa puluh tahun yang lalu tidak sama dengan sekarang. Apalagi jika anda dikaruniai buah hati baru secara otomatis anda harus menambah jumlah ruangan kamar.

Untuk anak laki-laki dan perempuan harus tidur terpisah saat mereka berada di usia yang semakin dewasa. Rumah yang dibiarkan lama sewaktu-waktu bisa saja lapuk dan rusak di bagian tertentu.

Hal ini menjadi alasan kenapa anda harus dengan segera melakukan renovasi rumah. Semakin hari harga bahan atau material bangunan pun semakin meningkat yang didukung dengan pernyataan pemerintah mengenai investasi furniture memiliki prospek yang sangat baik sehingga orang berlomba-lomba untuk membeli material untuk merenovasi rumahnya.

Dalam Berapa Lama Renovasi Rumah Type 36 Selesai?

Untuk jangka renovasi seberapa lama yang dibutuhkan untuk menunggu proses renovasi ini siap dilakukan sebenarnya tergantung pada berapa banyak pekerja yang anda pekerjakan dan pemenuhan akan material yang diperlukan.

Kelalaian dari para pekerjanya pun dapat menjadi penghalang waktu selesai semakin cepat. Anda dapat melakukan diskusi ringan dengan mereka mengenai target kapan selesainya. Jika diperkirakan bisa memakan waktu paling lama 6 bulanan.

Untuk renovasi secara menyeluruh anda pasti harus pindah dengan memilih beberapa alternatif seperti bertempat sementara di rumah sewa. Terlebih dengan konsep minimalis pasti proses pengerjaan harus dilakukan serapi mungkin.

Bagian-Bagian Yang Harus Direnovasi

Sebelum memutuskan untuk melakukan renovasi rumah tipe 36 beberapa bagian tertentu sebaiknya anda dapat melakukan diskusi dengan arsitek yang dipercaya.

Karena jika anda langsung mengambil keputusan mendadak maka akan terasa tanggung jika proses renovasi dilakukan untuk beberapa bagian saja.

Karena proses membongkar ruangan itu memakan waktu yang lama juga biaya yang tidak terduga. Meski ide sudah banyak muncul di benak anda namun akan lebih baik jika desain tersebut disesuaikan dengan ukuran ruangan yang ada.

Hal dasar yang harus anda ketahui dan pertimbangkan dengan baik mengenai lakukan survey menyeluruh pada bagian ruangan dan temukan sudut mana yang sudah benar-benar rusak sehingga dapat direnovasi sesuai dengan kapasitasnya.

Untuk bagian lainnya cukup dengan menambah cat atau polesan lainnya. Berikut ini bagian-bagian yang sering dilakukan renovasi yang mungkin dapat menjadi referensi bagi anda:

1.Jendela

Saat memutuskan untuk melakukan renovasi, anda harus memastikan interior dan desain rumah sesuai dengan jenis rumah. Misalnya untuk rumah minimalis tidak cocok dengan pemilihan jendela berbahan kayu.

2.Atap

Bagian ini sangat penting karena dari sisi atap dapat menciptakan sisi keindahan tersendiri pada rumah. Buat atap rumah menjadi lebih tinggi.

3.Ruang Tengah

Karena adanya penambahan tangga, maka anda harus menyusun konsep matang untuk desain ruang tengah.

4.Dapur

Sudut dapur tidak memakan tempat yang terlalu luas. Anda dapat menyesuaikan dengan kitchen set agar dapur anda terlihat bagus namun tetap minimalis.

5.Gudang

Untuk renovasi bagian gudang sebisa mungkin anda manfaatkan tempat agar sekaligus bisa menjadi gudang untuk penyimpanan barang-barang seperti sepeda dan perabotan lain.

Perhatikan Langkah Berikut Untuk Renovasi Terbaik Rumah Anda

Untuk mengatur atau meminimalisir biaya yang akan dikeluarkan untuk melakukan renovasi rumah memang menjadi persoalan yang cukup sulit. Anda akan dihadapkan dengan dua pilihan.

Dengan melakukan renovasi menggunakan jasa kontraktor memang jauh lebih terarah dan hasilnya dapat dipertanggungjawabkan.

Untuk sebagian orang rela mengeluarkan biaya yang terbilang cukup tinggi untuk mendapatkan hasil dengan kualitas yang bagus.

Jika anda salah satu pribadi yang seperti ini akan lebih baik memilih jasa kontraktor. Karena apabila nanti pada saat proses renovasi terjadi kesalahan seperti ruangan menjadi semakin sempit dan tidak sesuai dengan harapan, hanya akan membuat biaya yang akan keluarkan semakin banyak dan membengkak.

Biaya yang sudah anda kumpulkan selama bertahun-tahun pastikan cukup untuk melakukan renovasi dengan menggunakan jasa kontraktor.

Hal ini jauh lebih baik jika dibandingkan dengan melakukannya sendiri dengan biaya kredit dari bank. Anda harus pandai-pandai dan cermat dalam menentukan langkah dasar ini.

Meskipun begitu jangan langsung menyangka bahwa renovasi yang dilakukan sendiri tidak berhasil atau mendapatkan hasil yang lebih buruk.

Karena jika memang anda sudah memahami dengan baik masalah renovasi rumah akan jauh lebih baik melakukannya sendiri mulai dari desain dan lain lain.

Dapat langsung anda sesuaikan dengan keinginan dan pula anda yang lebih tau ruangan dan lahan rumah anda seperti apa. Belakangan ini orang lebih memilih menggunakan jasa pemborong karena pekerja yang disediakan memang sudah berpengalaman di bidang konstruksi bangunan rumah tinggal.

Meski pemborong tidak memiliki lisensi izin usaha resmi dan perjanjian yang dilakukan tidak tertera di atas lembar hitam dan putih, kinerja dari pemborong tidak jauh berbeda. Biaya yang akan anda keluarkan untuk renovasi rumah type 36 pun jauh lebih hemat.

Anda Butuh Jasa Renovasi Rumah, Desain Interior dan Kontraktor Bangunan?

Gunakan informasi dibawah ini untuk menghubungi kami

PROJECT-TS | Jasa Renovasi Bangunan, Interior Desain dan Kontraktor Bangunan

Gedung Graha Pulo lt 5
jl Warung Buncit Raya no 89E
Jakarta Selatan 12740, INDONESIA

Taat Setiawan

CEO Project TS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *